Promo Jual Paket Baju Kue Lebaran 2022


Letak Astronomis Benua Afrika?

Apakah Kamu sedang cari jawaban dari pertanyaan ini Letak Astronomis Benua Afrika?? Pada Forum Heindonesia ini kamu bisa menemukan Kunci jawaban dari Letak Astronomis Benua Afrika? dengan benar dan tepat.

Kami sangat menghargai pendapat dari para pakar (ahli), siapapun bisa menjawab, memberikan pertanyaan atau membenarkan dari jawaban yang sudah ada agar menjadi lebih tepat.

Pertanyaan :

Letak Astronomis Benua Afrika?

Letak astronomis benua afrika adalah 35° LU - 33° LS serta 18° BT - 53° BT.

Pembahasan:

Luas daerah Afrika ialah 30.290.000 km² yang jadikan Benua Afrika sebagai benua paling besar ke-3 di dunia sesudah Asia dan Amerika. Letak astronomis benua Afrika yakni di antara 35° LU - 33° LS dan 18° BT - 53° BT.

Secara geografis daerah Afrika di bagi jadi lima teman yakni, Afrika Timur, Afrika Barat, Afrika Utara, Afrika Selatan, dan Afrika tengah. Kondisi alam daerah Afrika sendiri ada bagian-bagian, yakni :

  1. Teritori pegunungan seperti Pegunungan Atlas di bagian utara dan Pegunungan Drakens pada bagian selatan.
  2. Teritori daratan tinggi atau plato seperti Plato Fauta Jallon, Plato Hebat, Banga, Tibesi, Kamerun, dan yang lain.
  3. Teritori Lembah Rengat Besar yang menghampar dari Anatolia sampai ke Danau Malawi.
  4. Teritori ledok yang membuat wilayah rawa, saluran sungai, dan gurun pasir seperti Kongo, Niger, Chad dan Kalahari.
  5. Teritori paling akhir ialah teritori daratan pantai yang ada di luar cakupan plato.

Afrika mempunyai 4 Wilayah iklim cuaca, yakni :

  1. 10° LU - 10° LS : daerah cuaca ekuotorial.
  2.  Samping selatan dan utara daerah cuaca ekuatorial : daerah cuaca tropis.
  3. Daerah garis balik utara dan garis balik selatan : daerah cuaca gurun.
  4. Sekitaran laut Mediterania dan pantai tenggara Afrika : daerah cuaca mediteran.

Geologi Afrika ialah bebatuan-batuan yang mencakup bentang rasio Geologi keseluruhannya. Sebagian besar benua Afrika tertutupi oleh bebatuan sedimen, yakni Supergrup Karoo. Di Afrika ada bebatuan Prekambrian, bebatuan berumut Mesoproterozoik, batu tua berusia Paleozoik.

Rupa Bumi : Keadaan fisik daerah Afrika ialah sekitaran 1/550 sisi muka bumi mempunyai potensi sebagai lingkungan hidup.

Tata air : Ada beberapa sungai besar di Afrika, misalnya : Sungai Nil, Sungai Kongo, Sungai Orange, Sungai Niger, Sungai Zambesi. Ada pula bendungan yang berperan sebagai irigasi dan pembangkit listrik. Misalnya : bendungan Aswan dan bendungan Akosombo.

Tanah : Afrika memiliki tanah yang berpasir dan memiliki karakter yang buruk untuk pertanian. Tanah berpasir ini tercipta oleh bebatuan sedimen dan bebatuan beku yang memiliki butir berkerikil dan kasar.

Flora yang ada di benua Afrika seperti akasia, papyrus, keluarga uphorbiacea, papyrus, sidar rimba, dan lain-lain.

Fauna yang ada di benua Afrika seperti gajah, kera ekor panjang, hyena, trenggiling, badak bercula, binatang bersisik, longvis kulakan, kura-kura, ikan gabus dan lain-lain.

Prediksi warga Benua Afrika ialah sekitar 936.000.000 jiwa di tahun 2007. Mayoritas warga Afrika datang dari turunan Negro yang mempunyai kulit hitam. Berikut ini ialah 4 kelompok dari warga Benua Afrika, yakni :

  1. Ras Negro, mempunyai ciri-ciri bibir tebal, kulit hitam, dan memiliki rambut keriting. Ras negro terdiri dari banyak suku bangsa, yaitu Suku Sudan, Suku Tolong, Suku Zulu, Suku Kikuyu, dan Suku Masai.
  2.  Ras Kaukasoid dari turunan Arab
  3. Ras Kaukasoid dari turunan Eropa
  4. Suku pribumi, warga asli yang tinggal di wilayah pedalaman.
Sumber bacaan: https://brainly.co.id/tugas/1754921

Pencarian Terkait:
#letak astronomis benua afrika #letak astronomis benua afrika adalah #letak astronomis benua afrika dan asia #letak astronomis benua afrika wikipedia #letak astronomis benua afrika utara #letak astronomis benua afrika yaitu . . . * #letak astronomis benua afrika terhadap iklim di benua afrika #letak astronomis benua afrika dikaitkan dengan iklimnya #letak astronomis benua afrika yang berada pada 17 #letak astronomis benua afrika adalah a 26 #letak astronomis benua afrika dan australia

+ Tambahkan Jawaban

0 Jawaban
*Punya Pertanyaan Lain? Atau kamu ingin membantu jawab pertanyaan di atas agar lebih tepat dan benar? Tulis pertanyaan atau jawaban kamu pada form dibawah ini. Semoga bermanfaat.

Bagaimana Pendapatmu Tentang Jawaban Di Atas?

Top Post Ad

Below Post Ad